153 x 0 x

Hai #SaudaraKili apa kabarnya nih? Semoga baik ya. Pada artikel kali ini Kili Kili akan membahas tentang suhu air di pulau Komodo. Fyi kalau suhu air di pulau Komodo itu bisa berubah-ubah, kadang suhu nya dingin kadang juga suhu nya panas.

Hal ini terjadi karena pulau Komodo merupakan pulau tempat bertemunya air yang mengalir ke utara dan selatan. Perairan utara adalah wilayah perairan yang bersuhu hangat dari pertemuan antara laut Banda dan laut Flores. Sedangkan perairan selatan merupakan perairan yang bersuhu dingin dari arus samudera Indonesia.

Perairan Komodo terletak di ujung barat Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada diantara pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) dan Flores (Nusa Tenggara Timur). Secara administratif kawasan ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Suhu perairan Komodo memang menjadi keistimewaan tersendiri. Iklim di daerah tersebut dipengaruhi oleh dampak musim kemarau yang panjang, suhu udara yang tinggi dan curah hujan rendah juga menjadi pengaruh bagi iklim. Daerah tersebut juga terletak di zona transisi antara flora dan fauna di Asia dan Australia. Perairan Komodo memiliki arus yang kuat karena dipengaruhi oleh El-Nino/La Nina.

Tetapi perairan Komodo termasuk indah. Di perairan tersebut memiliki terumbu karang yang merupakan habitat penting bagi sekitar 1000 jenis ikan dan hewan lain seperti barakuda, bengkolo, kerapu, kakap, lumba-lumba, pari manta, paus, gurita, penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, kuda laut, dan lobster juga dapat dijumpai di perairan tersebut. Perairan Komodo juga memiliki 250 jenis koral pembentuk karang, sedikitnya 105 crustaceae, dan 70 jenis bunga karang.

Sumber air yang terbatas dan suhu air yang berubah-ubah itu menjadi habitat yang digemari oleh sejenis binatang purba yakni Komodo. Di perairan Komodo juga terdapat hutan bakau. Hutan bakau terdapat di daerah teluk yang  terlindungi. Pohon bakau tersebut merupakan penghalang/benteng fisik alami terhadap erosi tanah. Akarnya yang menjadi tempat pengembangbiakan, bahkan tempat perlindungan bagi ikan, kepiting, udang, dan moluska.

Perairan Komodo sering menjadi tujuan utama bagi wisatawan dalam negara maupun manca negara. Kawasan yang menjadi favorit bagi wisatawan, yaitu pulau Tatawa, pantai Merah, Gili Lawa Laut, Loh Dasami, Pillar Steen, Batu Bolong, Taka Makasar, dan masih banyak lainnya.

Walaupun suhu di perairan Komodo berubah-ubah, tapi tetap tidak menurunkan ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Kalau #SaudaraKili gimana nih? Masih tertarik untuk berkunjung kan? Kalau #SaudaraKili ingin berwisata ke sana bisa banget loh. Karena Kili Kili menyediakan trip ke Labuan Bajo, kalian bisa banget nih ikut tripnya. Atau kalian juga bisa tanya-tanya dulu tentang trip Kili Kili lainnya dengan klik di sini. Sekian artikel tentang suhu perairan Komodo, semoga bisa menambah wawasan #SaudaraKili ya. Happy Holiday!

  • PULAU BALI

    View more
  • Tour Gabungan Komodo Flores

    View more
  • Tour Special ODT 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir) 11

    View more
  • Tour Spesial Natal 2019 - Pulau Pari

    View more
  • PULAU BIDADARI

    View more
  • PULAU PRAMUKA

    View more
  • Pulau Tidung Part 3

    View more
  • PULAU BALI

    View more
  • PULAU SUMBA

    View more
  • PULAU HARAPAN

    View more
Top