483 x 0 x
MENGENAL DESA PAHAWANG DI KECAMATAN MARGA PUNDUH – Sebelumnya kita telah membahas tentang 5 Hal yang perlu Kalian Perhatikan Saat Berlibur Ke Pulau Pahawang dan 5 Spot Snorkeling Yang Wajib DIjelajahi Di Pulau Pahawang, kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Desa Pahawang Di Kecamatan Marga Punduh. Pahawang adalah nama desa yang terletak di kecamatan Punduh Pidada. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui kata Pahawang sebagai salah satu destinasi wisata yang sedang marak dikunjungi oleh wisatawan. Namun apakah kalian mengetahui sejarah Pulau Pahawang sebelum diresmikan menjadi destinasi wisata pada tahun 2017 silam? Berikut pembahasan lengkapnya. Yuk sama – sama Belajar!
 
Secara administratif Desa Pulau Pahawang memiliki batas-batas wilayah yaitu sebelah Utara, Timur dan Selatan berbatasan dengan Teluk Lampung sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kampung Bebangak.  Pahawang merupakan pulau yang terletak di kawasan Teluk Lampung yang berada di Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran. Pulau Pahawang sendiri merupakan kawasan pesisir, terdiri dari laut, pantai, rawa, daratan dan daerah perbukitan, serta termasuk bagian pulau-pulau kecil yang ada di kawasan Teluk Lampung. Pulau Pahawang memiliki potensi geografis yang terdapat di wilayah darat maupun lautnya.  Sebagian besar ekosistem daratan merupakan hutan, di daerah pantai terdapat hutan mangrove yang relatif masih baik.  Di beberapa kawasan terdapat pantai landai, berpasir ataupun berlumpur.  Perbedaan ketinggian permukaan air saat pasang dan surut relatif rendah. Selain memiliki potensi secara geografis, Pulau Pahawang sendiri memiliki cerita sejarah yang tergolong unik dan jarang diketahui lho
 
Berdasarkan cerita masyarakat setempat, sejarah pulau ini dimulai dari datangnya Nokoda tahun 1.700-an yang diikuti pula oleh datangnya Hawang yang merupakan keturunan Cina. Hawang menetap di sebuah pulau sampai memiliki seorang anak perempuan yang kerap kali dipanggil Pok Hawang. Kelaziman memanggil Pok Hawang akhirnya menjadi nama Pulau dimana Hawang menetap dengan sebutan Pulau Pahawang pada tahun 1850-an.  Perkembangan desa Pulau Pahawang diawali dengan datang dan berdiamnya H.Muhammad bin H.Ibrahim hulubalang dari Kalianda yang tinggal di Kalangan, sedangkan di Pulau Pahawang sejak kedatangan Ki Mandara dari Sulawesi Selatan tahun 1920-an. Perkembangan selanjutnya di mulai sejak tahun 1930 dengan datangnya Datuk Jahari yang menetap dan menikah dengan anak Ki Mandara di Penggetahan dan H. Dulmalik dari Putih Doh yang menetap di Suak Buah.
 
Perkembangan selanjutnya (tidak diketahui dengan pasti tahunnya), beberapa orang datang dan tinggal di Desa Pulau Pahawang. Mereka berasal dari berbagai tempat. Dari wilayah Banten – Jawa Barat, mereka adalah Jahari menetap di dusun Penggetahan dan Ruslan yang menetap di Dusun Cukuh Nyai Jaralangan. Haji Dul Malik dari Putih Doh, Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus – Lampung menetap di Dusun Pulau Pahawang. Kedatangan mereka bertujuan membuka lahan untuk berkebun. Desa Pulau Pahawang saat itu berstatus kampung dan masuk dalam wilayah Marga Punduh. Oleh karena itu secara adat istiadat warga Pulau Pulau Pahawang mengikuti aturan Marga Punduh. Untuk urusan pemerintahan dipimpin oleh Mandara dan urusan keagamaan dipimpin oleh H. Dul Malik. Pada tahun 1980 secara definitif Pulau Pahawang ditetapkan menjadi desa. 
 
Sampai pada tahun 2017 Pulau Pahawang diresmikan menjadi destinasi wisata karena memiliki potensi secara geografis yang diantaranya pertanian dimana Pulau Pahawang memiliki luas daratan yang terbagi menjadi dua yaitu pulau Pahawang besar dan Pulau Pahawang Kecil. Luas lahan yang terdapat di pulau Pahawang dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau sebagai sumber mata pencaharian, dengan membuka perkebunan seperti perkebunan Kelapa dan Kakao. Dan perikanan dengan kawasan pantai Pulau Pahawang yang masih terlindungi dengan kawasan hutan Mangrove membuat ekologis laut di pulau Pahawang masih Terjaga, ini yang menyebabkan masyarakat Pulau Pahawang yang Mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dapat mengembangkan sektor perikanan. 
 
Itulah Mengenal Desa Pahawang Di Kecamatan Marga Punduh. Ketika kalian menjelajahi Indonesia pastikan kalian berkunjung ke Kota lampung ya saudara Kili Kili. Berlibur memang menyenangkan tetapi ada baiknya jika kita juga menghargai sejarah serta latar belakang destinasi yang akan dikunjungi. Kalau kalian sudah siap untuk traveling lagi, Kili Kili Adventure punya banyak pilihan destinasi yang pastinya aman lho. Kita ada kabar gembira untuk Saudara Kili Kili, sekarang kalian bisa langsung mengalami sendiri keindahan Pulau Pahawang dan merasakan keindahan alam pulau ini, karena Kili Kili Adventure membuka paket Tour Pulau Pahawang. Kalian juga bisa klik disini untuk informasi lengkap mengenai Paket Tour Lainnya. Jangan lupa untuk hubungi Kili Kili Adventure kalau kalian sudah siap traveling ya, Stay safe and Happy Traveling!
  • Outing - Pulau Pahawang

    View more
  • PULAU PAHAWANG

    View more
  • LAMPUNG

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2020 - Pulau Pahawang

    View more
  • Tour Spesial Pulau Pahawang Part 9

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2020 - Pulau Pahawang

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Pulau Pahawang 8

    View more
  • PULAU PAHAWANG

    View more
Top