Hotline 087865301846
Informasi lebih lanjut?
Home » Culture » Mengungkap Sejarah Pulau Cipir dan Pulau Onrust: Jejak Berharga di Tengah Teluk Jakarta

Mengungkap Sejarah Pulau Cipir dan Pulau Onrust: Jejak Berharga di Tengah Teluk Jakarta – Teluk Jakarta bukan hanya tempat untuk gemerlapnya kota modern, tetapi juga rumah bagi dua permata bersejarah: Pulau Cipir dan Pulau Onrust. Dalam kedamaian alamnya, keduanya menyimpan sejarah yang kaya dan memikat yang terbentang sejak berabad-abad lalu.

Mengungkap Sejarah Pulau Cipir

Pulau Cipir: Jejak Perjalanan Zaman

Pulau Cipir, yang juga disebut Pulau Khayangan, memiliki nama asli Pulau Kuyper. Jika Sobat pergi ke Pulau Cipir, Sobat akan disapa oleh rindangnya pepohonan, meriam, dan bangunan tua yang menunjukkan kejayaan VOC pada masa itu. Pulau Cipir, dengan pesona alamnya yang memukau, menyimpan sejarah yang kental. Pulau ini pernah menjadi bagian penting dari lalu lintas perdagangan rempah-rempah pada masa lampau. Jejak-jejak masa silam masih terlihat dari reruntuhan bangunan kuno yang bercerita tentang kejayaan masa lalu.

Pulau ini menjadi rumah sakit untuk jemaah haji dari tahun 1911 hingga 1933 saat beralih ke pemerintahan Indonesia. Pulau ini berfungsi sebagai rumah sakit dan juga memiliki anjungan yang mengarah ke dermaga apung yang memanjang ke pulau Onrust. Dermaga ini dulunya digunakan untuk berlabuh kapal besar.

Baca Juga : Senyum Takjub di Gunung Bromo

Selain menjadi pusat perdagangan, Pulau Cipir juga memiliki peran strategis dalam peta pertahanan. Bangunan-bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda menjadi saksi bisu dari masa lalu yang gemilang. Mengunjungi pulau ini serasa melakukan perjalanan melintasi waktu untuk merasakan bagaimana keramaian dan kehidupan pada masa lalu. Selain itu, Pulau ini dulunya adalah rumah sakit yang menangani perawatan dan karantina penyakit menular bagi para Jemaah haji pada tahun 1911-1933.

Pulau Onrust: Perjalanan Masa Lalu yang Mengagumkan

Jauh sebelum gemerlap kota Jakarta terwujud, Pulau Onrust telah ada dan menjadi pusat aktivitas maritim penting. Dengan deretan bangunan tua dan bekas benteng Belanda yang masih tegak berdiri, pulau ini menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang sejarah Indonesia.

Baca Juga : Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Pulau Onrust dan pulau-pulau lainnya di Teluk Jayakarta (sekarang dikenal sebagai Kepulauan Seribu) pernah menjadi tempat tinggal keluarga raja Banten. Namun, kemudian terjadi perselisihan antara Kerajaan Banten dan Jayakarta, dan tidak pernah ada upaya yang dilakukan untuk menyelesaikannya. Jayakarta merasa memiliki pulau ini karena lokasinya dekat (di hadapan Kota Jayakarta), tetapi Banten karena seluruh Kepulauan Seribu adalah bagian dari wilayahnya. Saat Belanda gagal memonopoli perdagangan di Banten, mereka beralih ke Jayakarta dengan menggunakan Pulau Onrust, salah satu pulau di Teluk Jayakarta.

Terjadi perjanjian antara Belanda (diwakili oleh L. Hermit) dan Jayakarta (diwakili oleh Pangeran Jayakarta) pada tanggal 10–13 November 1610. Perjanjian itu memberikan izin kepada orang Belanda untuk mengambil kayu untuk membuat kapal di Teluk Jayakarta. VOC berniat membangun galangan kapal di teluk karena banyak kapal yang berlayar ke Asia, terutama Asia Tenggara, dan tinggal di sana untuk waktu yang lama dan sering membutuhkan perbaikan. Pangeran memberikan izin untuk melakukannya dengan menggunakan Pulau Onrust. Pada tahun 1613, pembangunan dimulai.

Baca Juga : Ada Pantai Perawan di Pulau Pari yang Mempesona

Pada tahun 1618, Coen membuat Onrust sebagai pulau pertahanan terhadap ancaman dari Banten dan Inggris. Pada tahun 1619, Coen memerintahkan penyerbuan ke Pelabuhan Sunda Kelapa, yang dia namakan Batavia, dan memindahkan pelabuhan ke muara Sungai Ciliwung.

Pulau ini juga pernah digunakan sebagai Rumah Sakit Karantina selama masa kemerdekaan Indonesia, terutama untuk pasien yang menderita penyakit menular di bawah pengawasan Departemen Kesehatan RI hingga awal 1960-an. Dari tahun 1960 hingga 1965, digunakan untuk menampung orang kurang mampu dan orang homeless serta untuk latihan militer. Pulau ini sempat terbengkalai dan dianggap tak bertuan hingga tahun 1968, ketika penduduk secara besar-besaran membongkar dan mengambil material bangunan dengan izin polisi setempat. Tahun 1972, Gubernur Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta, mengeluarkan SK, atau Surat Keputusan, yang menetapkan Pulau Onrust sebagai pulau bersejarah. Pemerintah Indonesia kini menetapkan Pulau Onrust, bersama dengan Pulau Cipir, sebagai daerah Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu.

Ketika mengunjungi tempat bersejarah seperti Pulau Cipir dan Pulau Onrust, kita bukan hanya menjadi saksi sejarah, tetapi juga bagian dari pelestariannya untuk generasi mendatang. Mari bersama-sama menjaga keindahan alam dan keberlangsungan sejarah di tengah gemerlapnya Teluk Jakarta. Itulah Sejarah Pulau Cipir dan Pulau Onrust. Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi destinasi di atas? Nah, kalau kalian sudah siap untuk traveling lagi, Kili Kili Adventure punya banyak pilihan destinasi yang pastinya seru dan menyenangkan, seperti Trip ke pulau Seribu, dan masih banyak lagi. Kalian bisa klik di sini untuk informasi lebih lanjut. Jangan lupa untuk hubungi Kili Kili Adventure kalau kalian sudah siap traveling ya, Stay safe and Happy Traveling!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Cara Menjaga Ekosistem Laut

5 Cara Menjaga Ekosistem Laut bagi Traveler

16 June 2023 215x Tips Liburan

5 CARA MENJAGA EKOSISTEM LAUT BAGI TRAVELER  – Laut yang indah dan bersih tentu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung, namun tidak jarang banyak wisatawan yang belum memahami cara menjaga Kehidupan Laut agar tetap bersih dan terjaga kelestariannya. Apa lagi dengan dibukanya berbagai tempat wisata yang mendorong wisatawan untuk melakukan travel... selengkapnya

Berkenalan Dengan Pulau Onrust di Kepulauan Seribu

26 September 2023 86x Tips Liburan

Pulau Onrust di Kepulauan Seribu – merupakan salah satu gugusan pulau yang berada di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau yang memiliki luas hanya 70.000m² ini ternyata berdekatan dengan dengan pulau-pulau lainnya yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Pulau Bidadari. Tidak kalah dengan tetangganya, Pulau Onrust menjadi kawasan yang kerap kali ... selengkapnya

Tour Bromo

Senyum Takjub di Gunung Bromo

7 November 2023 84x Tips Liburan

Senyum Takjub di Gunung Bromo – Dapatkan senyum takjub Anda saat berada di Gunung Bromo. Jangan katakan Anda pernah traveling ke Jawa Timur bila Anda belum pernah berkunjung ke salah satu Gunung Lengendaris di provinsi yang terkenal akan budaya-nya. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasiona... selengkapnya

Chat With Us

Our Office

PT BUMI NUSANTARA KILI KILI
Jl. Malaka 4 Blok 2 No. 36 RT 4/RW 8, Malaka Sari, Kec.Duren Sawit. Jakarta Timur 13460

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.