• 087777660511
  • 085211137749
  • 085893532729
#Kili2DayCare #8 We Sail to Coral Care di Pulau Harapan - Setelah sukses menyelenggarakan Kegiatan-Kegiatan sebelumnya seperti #Kili2DayCare #1 di Bandung, #Kili2DayCare #2 di Taman Mini Indonesia Indah, #Kili2DayCare #3 di Pantai Marunda, #Kili2DayCare #4 di Purwakarta, #Kili2DayCare #5 di Museum Satriamandala, #Kili2DayCare #6 di Desa Wisata Paseban, hingga yang terakhir yaitu #Kili2DayCare #7 di Godong Ijo Education Park & Resto, Depok. Kami kembali mengadakan Event #Kili2DayCare #8 (Kedelapan) pada tanggal 10-11 Februari 2018, dengan durasi trip 2 Hari 1 Malam. Kami memilih tempat sebagai lokasi kegiatan yaitu Pulau Harapan, Taman Laut Kepulauan Seribu.
 
Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program dari Kili Kili Adventure, yang mana kegiatan ini bersifat sosial dan melibatkan seluruh crew Kili Kili Adventure, Para Relawan, para Peserta/Pelanggan Trip Kili Kili Adventure (#SaudaraKili) serta Masayarakat Umum yang ingin berusaha menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dalam bentuk yang nyata. #Kili2DayCare berlangsung 2x dalam setahun dan diprogram dalam 4 tema yang digunakan bergantian: Lingkungan, Sosial, Pendidikan, dan Kesehatan yang terangkum dalam tagline #Kili2DayCare yaitu “Berbagi Melalui Traveling”. Kali ini, tim #Kili2DayCare ingin melanjutkan kegiatan sosial dalam balutan tema lingkungan, yaitu #Kili2DayCare #8 “We Sail to Care”.
 
#Kili2DayCare #8 “We Sail to Care” adalah sebuah kegiatan peduli lingkungan di mana tim pelaksana menyediakan fasilitas seminar dan edukasi serta praktik langsung menanam bibit terumbu karang di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta. Salah satu tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada para wisatawan tentang fenomena kerusakan terumbu karang yang banyak terjadi dan bagaimana cara mencegah serta merawat keindahan alam bawah laut.
 
Begitu banyak penyebab kerusakan terumbu karang, salah satunya adalah kelalaian dan apatisme wisatawan. Wisatawan yang menyelam atau yang sekadar snorkeling seringkali sengaja ataupun tidak sengaja merusak habitat terumbu karang. Kerusakan yang paling sering terjadi di antaranya diakibatkan oleh terinjaknya terumbu karang, juga karena terumbu karang dijadikan tambatan jangkar-jangkar kapal snorkeling.
 
Hanya sekitar 29,79% terumbu karang di Indonesia yang berada dalam kondisi baik dan sangat baik. Pernyataan ini diperoleh dari hasil verifikasi dan analisis data Tim Walidata Terumbu Karang Indonesia, Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap 108 lokasi dan 1.064 stasiun di seluruh perairan Indonesia.
 
Menurut Suharsono, peneliti senior dan juga ahli terumbu karang Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, kondisi terumbu karang di Indonesia mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi yang sama juga dialami oleh sejumlah negara lainnya.
 
Pulau Harapan dipilih karena pulau ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang paling banyak menarik para wisatawan untuk menikmati keindahan baharinya. Mengingat tingginya minat wisatawan berlibur di pulau ini, semakin tinggi juga kemungkinan terumbu karang kita mengalami kerusakan. Di sisi lain, hal tersebut akan mampu menjadi daya tarik untuk mengumpulkan peserta berkegiatan di pulau ini.
 
Tujuan dari kegiatan #Kili2DayCare #8 “We Sail to Care” ini adalah :
  • Mengedukasi peserta yang juga adalah wisatawan dengan ilmu wisata laut
  • Membagikan pengalaman menanam bibit terumbu karang kepada peserta
  • Menambah kepedulian peserta terhadap lingkungan bahari saat berwisata
  • Menjadikan peserta “agent of change” yang dapat mengedukasi sesame wisatawan agar berlibur tanpa merusak alam
  • Mendonasikan bibit terumbu karang di lingkungan Pulau Harapan serta tambat labuh agar jangkar kapal tidak lagi merusak karang
 
Pada kegiatan kali ini kili kili adventure mengajak Peserta dan adik-adik masyarakat Pulau Harapan untuk mengikuti rangkaian acara yang akan disediakan oleh Crew dan Relawan kegiatan #Kili2DayCare #8 seperti Mengunjungi Hutan Mangrove, Penangkaran Penyu, Edukasi Konservasi Taman Biota Laut, Fun Games, Workshop Penanaman Terumbu Karang, Screening Film Peduli Lingkungan, Barbeque, Senam Pagi, Praktek Tanam Terumbu Karang dan pemberian bantuan secara simbolis berupa Biaya Perawatan Terumbu Karang, Tambat Laut, Berbagai buku bacaan, dsb. Dimana hal (bantuan) tersebut tidak terlepas dari Partisipasi sponsor yang turut serta melancarkan kegiatan #Kili2DayCare #8 kali ini seperti Komunitas Peduli Lingkungan (Sea Solder), Kompas Gramedia, Tannobel (Cleo), Kili Kili Adventure, Donatur Masyarakat umum, dll. Serta tidak lupa kami juga mengucapkan mitra kegiatan kami seperti Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pulau Harapan, Jaringan Monitor Pulau Harapan, Masyarakat Pulau Harapan, Upnea Freefolks, Upnea Culture, Mapala UI (Universitas Indonesia), Zona Gunung, Mountainnesia, serta yang lainnya.
 
Kami berharap semua peserta yang mengikuti kegiatan #Kili2DayCare #8 “We Sail to Care” ini akan mendapatkan beberapa manfaat seperti :
  • Peserta yang juga adalah wisatawan teredukasi dengan ilmu wisata laut
  • Peserta mendapat pengalaman menanam bibit terumbu karang
  • Bertambahnya kepedulian peserta terhadap lingkungan bahari saat berwisata
  • Peserta menjadi “agent of change” yang dapat mengedukasi sesama wisatawan agar berlibur tanpa merusak alam
  • Lingkungan Pulau Harapan mendapat bibit terumbu karang baru serta tambat labuh agar jangkar kapal tidak lagi merusak karang
 
Sebuah pengalaman yang luar biasa bagi kami untuk terus berpartisipasi dalam membuat pariwisata negeri ini semakin baik dengan cara berbagi melalui traveling yang telah selesai untuk dilaksanakan yaitu kegiatan #Kili2DayCare #8 We Sail to Coral Care di Pulau Harapan dengan tema “We Sail to Care” di Pulau Harapan, Taman Laut Kepulauan Seribu, DKI Jakarta bersama Masyarakat sekitar, #SaudaraKili, Para Traveler, Pegiat Pendidikan, serta masyarakat lainnya. Sampai jumpa di event #Kili2DayCare selanjutnya ya.
  • Tour Spesial ODT Bandung Part 1

    View more
  • Pulau Pari

    View more
  • Danau Toba

    View more
  • Tour Gabungan Labengki Sombori 4H3M Part 6

    View more
  • Tour Reguler Pulau Pari

    View more
  • Pulau Derawan

    View more
  • 3 Pulau Seribu (Kelor, Onrust, Cipir)

    View more
  • Bulan Madu - Yogyakarta (Hotel+Tour)

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Pulau Pari Part 6

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Pulau Pramuka 8

    View more
Top