• 087777660511
  • 085211137749
  • 085711916643
921 x 32 x
Simak Cerita Sejarah Tentang Pulau Pari, Kepulauan Seribu – Bagi masyarakat sekitar Jakarta, pasti sudah tak asing lagi dengan nama Pulau Seribu. Siapa sangka ibukota sepadat Jakarta masih terdapat sebuah pulau dengan pemandangan yang indah. Di Kepulauan Seribu tersebut terdapat banyak gugusan pulau yang memiliki pemadangan dan keunikan ciri khas masing-masing. Gugusan Kepulauan Seribu tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur tiba. Salah satu gugusan pulau di Kepulauan Seribu yang populer yaitu Pulau Pari.
 
Pulau Pari memiliki pemandangan yang cantik serta pasir putih menawan yang dapat memanjakan mata pengunjungnya. Hamparan laut yang biru serta udara yang bersih tanpa polusi membuat Pulau Pari sangat cocok untuk melepaskan penat. Diantara kecantikan pemandangan itu ada sejarah dari Pulau Pari yang menarik. Bagaimana Pulau Pari tersebut bisa terbentuk dan bagaimana asal usul nama Pulau Pari.
 
Pada masa penjajahan Belanda di wilayah Tangerang, Banten, seluruh masyarakat tersebut melarikan diri ke wilaya Pulau Pari untuk menghindari kerja paksa tanpa upah. Pulau Pari saat itu belum memiliki nama dan masih menjadi pulau asing. Setelah itu pada tahun 1990-an, Pulau ini dinamai Pulau Parikarena dahulunya wilayah ini merupakan laut dangkal yang terdapat banyak sekali ikan pari.
 
Setelah beberapa tahun kemudian, Pulau Pari tidak hanya dihuni oleh para pengungsi yang melarikan diri dari para penjajah tetapi juga masyarakat yang dulunya tinggal di sekitar wilayah tersebut. Karena  memiliki suasana yang aman dan nyaman, banyak masyarakat tangerang yang antusias dan meninggalkan tempat tinggal lamanya untuk tinggal di Pulau Pari ini. Selanjutnya setelah Belanda pergi dari IndonesiaNegara Jepang sebagai pengganti penjajah Indonesia menemukan banyak masyarakat yang menetap di Pulau Pari ini. Kemudian setiap masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut di paksa menjadi nelayan dengan tanpa bayaran sepeserpun dan hasil pelayarannya di berikan kepada pihak Jepang. Hal tersebut tidak berlangsung lama karena Indonesia telah merdeka.
 
Seiring berjalannya waktu Pulau Pari yang terletak di Kepulauan Seribu, Jakarta ini,  mulai mengembangkan budaya alamnya yang dikelola oleh masyarakat setempat. Di sekitar Pulau Pari mulai melakakukan berbagai cocok tanam seperti rumput laut bali hijau dan beberapa peternakan hewan. Kerena pertanian di pinggir pantai ini mulai berkembang pemerintah Jakarta memberikan dukungannya dan membuat pusat penelitian untuk rumput laut yang didirikan disana atas dasar Lembaga Pengetahuan Indonesia atau LIPI yang berada di sebelah barat Pulau Pari kemudian di resmikan oleh gubernur Ali Sadikin.
 
Hingga saat ini Pulau Pari menjadi tempat wisata cukup populer yang bisa menaikkan ekonomi masyarakatnya. Sejarah Pulau Pari memang harus terus dilestarikan agar tidak hilang ditelan jaman. Dalam prakteknya sebagai generasi penerus bangsa IndonesiaSejarah Pulau Pari ini harus terus diingat. Klik Info Jadwal Reguler Tour Pulau Pari yang berangkat setiap minggunya.
  • Tour Special ODT 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir) 11

    View more
  • Pulau Bintang

    View more
  • Tour Gabungan Pulau Belitung

    View more
  • Tour Spesial ODT 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir) 7

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Pulau Pahawang 8

    View more
  • Tour Reguler Pulau Pari

    View more
  • Kepulauan Kei

    View more
  • PULAU PAHAWANG

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Pulau Pramuka 8

    View more
  • Pulau Umang

    View more
Top