• 087777660511
  • 085211137749
  • 085893532729
114 x 1 x
Mengulik 11 Informasi tentang Keistimewaan Lampung - Lampung merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia tepatnya berada di Pulau Sumatra  yang sudah mulai berkembang. Destinasi wisata yang ada di Kota Lampung mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Bisa dibilang Kota Lampung merupakan kota yang masih asli dan belum terlalu banyak pembangunan. Masyarakat nya terdiri dari berbagai macam suku yang bercampur dan hidup rukun menjadi satu seperti suku Lampung, Jawa, Sunda, Bali, dan lainnya. Salah satu hal yang pasti diingat saat menyebutkan Kota Lampung yaitu Gajah. Sebelum kamu menelusuri berbagai kebudayaan dan keindahan yang ada di Lampung ini mari Mengulik 11 Informasi tentang Keistimewaan Lampung :
 
1. Lampung merupakan sebuah Provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatra, Indonesia. Bandar Lampung merupakan ibukota dari Provinsi Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 15 Kabupaten dengan penduduk sekitar 8.205.141 jiwa.
 
2. Secara Geografis Provinsi Lampung memiliki luas 35.376,50 km². Daerah ini di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.
 
3. Lampung merupakan provinsi multietnis dengan 3 besar suku mayoritas, yaitu suku Jawa, Lampung, dan Sunda, dimana Lampung merupakan suku asli di provinsi ini. Selanjutnya ada suku Bali, Minangkabau, Sumatra Selatan, dan lain sebagainya.  
 
4. Dalam sejarah, wilayah Lampung juga pernah dijajah oleh Belanda. Kekayaan alam lada hitam yang dimiliki oleh Lampung ini menjadi incara koloni Belanda untuk menguasai wilayah ini. Pemuda-pemuda lampung turut serta untuk memerdekakan Provinsi Lampung ini.
 
5. Provinsi Lampung memiliki Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. Terdapat pula Bandar Udara Utama yang bernama Raden Intan II.
 
6. Masyarakat Adat Lampung memiliki Semboyan dalam bahasa Lampung yakni “Sai Bumi Ruwa Jurai” yang artinya satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari sanga bumi, artinya se-bumi. Sedangkan Ruwa Jurai, artinya dua aliran (kelompok) budaya yang berbeda, yaitu aliran (jurai) masyarakat adat sebatin dan pepadun.
 
7. Simbol Khas daerah Lampung yaitu Siger. Siger biasanya digunakan sebagai mahkota pengantin Lampung, namun bisa juga dipakai untuk acara-acara sakral. Terdapat pula Menara Siger yang menjadi ikon Lampung dan juga menjadi titik nol Sumatra.
 
8. Lampung juga memiliki kain tenun yang khas yakni Tapis Lampung. Tapis Lampung adalah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung. Motif kain Tapis Lampung ini juga bermacam-macam dan memiliki makna sendiri.
 
9. Saat mendengar kata Lampung, pertama kali yang terlintas adalah banyaknya gajah di wilayah ini. Lampung memiliki sekolah pertama untuk para gajah yaitu Taman Nasional Way Kambas yang menjadi Pusat Konservasi Gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.
 
10. Selain itu terdapat pula Gunung purba yakni Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda, Lampung Selatan. Gunung ini sudah meletus hebat pada tahun 1883 dan anak Gunung Krakatau sendiri bisa meletus kapan saja. Namun sedikit ekstrim, Gunung Krakatau masih dijadikan tempat wisata yang menantang.
 
11. Destinasi wisata yang ada di Provinsi Lampung sendiri tidak kalah cantik dengan yang ada di wilayah lain seperti Pulau Kelagian, Puncak Mas, Teluk Kiluan, dan masih banyak lagi. Salah satu yang sedang naik daun yaitu Pulau Pahawang. Pantai dan pemandangan bawah laut yang indah menarik wisatawan.
 
Setelah Mengulik 11 Informasi tentang Keistimewaan Lampung diatas, berkunjung ke Lampung saat berlibur wajib dicoba. Banyak Destinasi wisata yang disuguhkan di Kota Lampung yang masih alami dan belum banyak perombakan. Salah satu destinasi unggulan yang ada di Lampung yaitu wisata pantai mengingat Lampung merupakan wilayah yang berada di ujung Pulau Sumatra. Klik Private Trip Lampung Reguler untuk informasi liburan selengkapnya.
  • Tour Reguler Pulau Pahawang

    View more
  • GUNUNG KRAKATAU

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Pulau Pahawang 8

    View more
  • Way Kambas

    View more
  • Pulau Pahawang

    View more
  • PULAU PAHAWANG

    View more
  • Outing - Pulau Pahawang

    View more
  • Gunung Krakatau

    View more
  • Tour Reguler Gunung Krakatau

    View more
  • Lampung Reguler

    View more
Top