128 x 0 x
MENGENAL LEBIH DEKAT CANDI PERAMBANAN DAN CANDI BOROBUDUR DI YOGYAKARTA – Daerah istimewa Yogyakarta atau sebagaian orang menyebutnya dengan yogya, jogja, Yogyakarta, atau Jogjakarta merupakan sebuah Provinsi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia dan memiliki luas daerah sekitar 3.185 km2. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga atau orang-orang terkasih saat musim liburan tiba. 2 destinasi wisata yang terkenal di yogya adalah Candi Borobudur dan Candi Perambanan yang untuk sebagian orang masih sulit membedakan antara kedua candi tersebut. Maka dari itu kali ini kita akan membahas tentang kedua candi tersebut serta membahas sedikit tentang sejarahnya. Karena Sebelum kalian melakukan traveling atau berlibur ke suatu destinasi wisata akan lebih menarik jika menambah pengetahuan mengenai tempat yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Yuk Kita sama – sama belajar!
 
Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan candi ini dibangun dan atas perintah siapa, namun dugaan yang kuat adalah Candi Prambanan dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu. Candi Prambanan ini sering juga disebut Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Karena candi ini adalah candi peninggalan agama Hindu maka bangunan dari candi pun merefleksikan corak budaya dan agama hindu. Candi Hindu umumnya berfungsi untuk makam para raja Hindu dimana dahulu pernah berkuasa, dimana memakamkannya dengan cara abu jenazah para raja berada di candi. Maka dari itu bangunan candi ini disebut Dagoba dimana candinya berbentuk seperti tabung dan terbagi dari 3 tingkatan yaitu Bhurloka pada bagian dasar candi, Bhurvaloka bagian tengah candi, dan Svarloka dipuncak candi. 
 
Candi Borobudur adalah objek wisata tunggal yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Sebenarnya Candi Borobudur bukan berada di Yogyakarta melainkan terletak di Magelang dengan jarak sekitar 40km dari Yogyakarta. Namun saat berlibur ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke salah satu Warisan Dunia yang menjadi kebanggaan Indonesia yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah yang Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah. Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha.
 
Karena candi ini adalah candi peninggalan agama Buddha maka bangunan dari candi pun merefleksikan corak budaya dan agama Buddha. Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak/kubus dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat. 
 
Demikian pembahasan kita tentang Mengenal Lebih Dekat Candi Perambanan Dan Candi Borobudur sebagai referensi ketika kalian berkunjung ke Yogyakarta dan mengunjungi kedua candi tersebut kalian dapat lebih menghargai dan memahami sejarahnya. Bisa dibilang Yogyakarta merupakan surganya tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata modern semua tersedia. Selain Candi Perambanan dan Candi Borobudur, salah satu destinasi yang terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro yang selalu ramai pengunjung. Kalian sudah tahu belum sejarah dibalik nama Jalan Malioboro? Ternyata terdapat 2 sejarah Asal usul Nama Jalan Malioboro di Yogyakarta loh. Bagi kalian yang akan melakukan traveling dimasa new normal diharapkan melakukan research sebelum berkunjung. Gunakan masker selalu dan pastikan menjaga jarak satu sama lain. Stay safe and See You Next Trip! Jangan lupa hubungi Kili Kili Adventure ya kalau kalian sudah siap traveling lagi!
Tidak ada tour yang terkait
Top