118 x 0 x
MAU WISATA OFFROAD SERU DI DIENG PLATEAU? NIH  RUTE PERJALANANNYA - Jika kalian memutuskan untuk Berkunjung Ke Negeri Diatas Awan di masa New Normal dengan adanya Trip Simulasi standar New Normal dari kampanye #BerwisataKembali yang akan diadakan tanggal 24 Juli 2020, terdapat banyak tempat wisata di Dieng Plateau untuk kalian ditelusuri. Salah satunya jalan berlumpur serta track bebatuan yang dikelilingi pepohonan besar dan rindang ini adalah tempat untuk wisata offroad dieng dengan alat transportasi Jeep. Satu jeep bisa ditumpangi 1 hingga 5 orang dan lamanya perjalanan sekitar empat jam. Sambil offroad, Saudara Kili Kili juga bisa menikmati indahnya panorama Dieng. Berikut adalah rute menantang wisata Offroad di Dieng yang pasti membuat aktivitas offroad Anda makin seru:
 
1. Kawah Sikidang 
 
Offroad dimulai dari Kawah Sikidang sebagai starting point, Medan di sini cukup ekstrim karena banyak bebatuan dan lumpur. Sengatan bau belerang langsung masuk ke dalam hidung saat tiba di kawasan wisata Kawah Sikidang, kumpulan asap putih pekat yang muncul dari lubang kawah melambung tinggi ke langit. Bagi saudara Kili Kili untuk menggunakan masker selain karena sudah menjadi protokol masa New Normal, penggunaan masker dapat mencegah wangi belerang masuk ke  hidung bagi kalian yang tidak terbiasa. 
 
2. Telaga Sendringo 
 
Setelah dari Kawah Sikidang offroad berlanjut ke Telaga Sedringo yang memerlukan waktu ± 1 jam. Jalan di sekitar kawasan ini rusak parah sehingga hanya dapat ditempuh menggunakan Jeep 4x4. Jalur akses telaga yang memiliki nama lain Cemeti ini masih sangat sulit. Malahan untuk mencapainya Anda juga harus melewati hutan dengan jalan setapak kecil. Jalannya belum terbenah rapi atau belum di aspal dengan medan menanjak. Karena keindahannya banyak wisatawan yang mengabadikan momen di Telaga Sendringo dengan berselfie, tapi bagi kalian yang berkunjung saat New Normal akan menerapkan tata tertib baku di setiap objek wisata yang harus ditaati.
 
3. Kawah Candradimuka
 
Selanjutnya, saudara Kili Kili akan diajak menuju Kawah Candradimuka. Kawah ini dikenal sebagai tempat berendam Gatot Kaca agar sakti mandraguna. Terletak di atas bukit yang lumayan tinggi dengan jarak tempuh ± 5 kilometer. Track Kawah Candradimuka memiliki kemiringan antara 30 hingga 45 derajat dengan jalan berbatu dan tanah yang cukup labil dan licin untuk ditapaki. Bagi saudara Kili Kili yang akan berwisata offroad disarankan untuk menggunakan pakaian yang memudahkan untuk bergerak dengan bebas dan menggunakan sepatu. 
 
4. Sumur Jalatunda
 
Sumur Jalatunda merupakan sebuah Sumur raksasa yang berada di dataran tinggi Dieng, kabupaten Banjarnegara tepatnya di Desa Pekasiran Batur. Sumur ini terbentuk akibat letusan dahsyat ribuan tahun lalu dengan diameter 150 meter dan kedalaman sekitar 200 meter. Tidak heran jika dataran tinggi dieng memiliki banyak kerucut-kerucut vulkanik yang berada di seluruh daerah penggunungan dengan beberapa kawah yang masih aktif seperti, Kawah Candradimuka. Mitos yang beredar, apabila Anda melempar batu sampai ujung sambil menyebutkan sebuah permintaan, permintaan tersebut akan terkabul. Apa kalian mau mencobanya?
 
5. Kawah Sileri
 
Destinasi berikutnya adalah Sileri, kawah terbesar di Dieng. Kawah yang terletak di lereng barat Gunung Pagerkandang atau Gunung Sipandu ini merupakan kawah yang paling aktif di dataran tinggi Dieng dan pernah meletus beberapa kali. Kawah yang mempunyai luas sekitar 4 hektar ini berbentuk kepundan datar sehingga air kawah mengalir ke dataran yang paling rendah. Air dari kawah ini juga dimanfaatkan untuk pengairan perkebunan yang berada di sekitar kawah. Suasana di sekitar kawah sileri pun terasa hangat, karena uapnya selalu muncul dari air yang mengenangi kawah. Meski terkesan berbahaya, kawah sileri menawarkan pemandangan panorama yang indah.
 
6. Telaga Merdada
 
Telaga terluas di Dieng ini airnya tidak pernah surut. Airnya sering dipakai warga menyiram tanaman yang ada di sekitarnya. Lokasi Telaga ini bersebelahan dengan Wonosobo sehingga kalian bisa mengunjunginya melalui Wonosobo atau kalian bisa juga melewati Banjarnegara untuk bisa ke Telaga Merdada. Telaga ini berada di ketinggian sekitar 2.045 meter diatas permukaan laut. Di telaga ini juga tersimpan kekayaan berupa ikan-ikan air tawar yang sangat melimpah, sehingga merupakan surga bagi para pemancing. Keindahan serta daya tarik yang ditawarkan di telaga merdada ini tidak hanya sampai di situ. Atraksi wisata naik perahu di puncak gunung bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Kalian bisa naik perahu mengelilingi telaga selama 30 menit dengan disuguhkan pemandangan yang asri dan indah. 
 
 
Itulah Rute Offroad Dieng bagi kalian yang akan Berkunjung Ke Negeri Diatas Awan, Dieng Plateau/Dataran Tinggi Dieng. Bagi kalian yang akan melakukan traveling dimasa new normal diharapkan untuk memahami 5 Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan saat Traveling Di Masa New Normal. Pastikan kalian melakukan research sebelum berkunjung. Gunakan masker selalu dan pastikan menjaga jarak satu sama lain. Stay safe and See You Next Trip! Jangan lupa hubungi Kili Kili Adventure ya kalau kalian sudah siap traveling lagi!
  • Outing - Pulau Belitung

    View more
  • Tour Gabungan Sumba dan Nusa Tenggara Timur Part 2

    View more
  • Tour Special Pulau Pramuka

    View more
  • HOLYLAND TOUR (MESIR – ISRAEL – JORDAN)

    View more
  • GREEN CANYON

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2020 - Dieng Plateau

    View more
  • 3 PULAU (KELOR, ONRUST, CIPIR) - NEW NORMAL

    View more
  • PULAU PARI

    View more
  • Tour Spesial Tahun Baru 2019 - Ujung Kulon Part 4

    View more
  • Tour Gabungan Banda Neira Part 2

    View more
Top