• 087777660511
  • 085211137749
  • 085711916643
382 x 35 x

Kelor, Onrust, Cipir: Sekali Mendayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui - Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Siapa sih yang tidak mengenal peribahasa tersebut? Ada yang tahu maksud dari peribahasa tersebut? Arti peribahasa tersebut adalah menyelesaikan dua atau tiga pekerjaan dalam satu waktu. Tapi, kalau tidak diartikan, apa iya bisa melampaui tiga pulau dalam satu waktu? Jawabannya adalah bisa!

Di Jakarta kamu bisa loh melakukan hal tersebut, mengunjungi tiga pulau dalam hari yang sama. Di wilayah Kepulauan Seribu terdapat tiga pulau yang saling berdekatan dan memiliki cerita sejarah yang saling berhubungan. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Kelor, Onrust, dan Cipir. Ketiga pulau tersebut menarik sekali untuk di kunjungi karena menyimpan banyak cerita sejarah yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat Jakarta.

Jika selama ini hanya Kota Tua yang kita kenal, maka sesekali kamu harus berkunjung ke tiga pulau ini. Di Pulau Kelor misalnya, terdapat sebuah benteng yang telah rapuh. Benteng tersebut merupakan benteng pertahanan yang dibuat oleh VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke-17 dan dinamakan Benteng Martello. Selain itu di sana juga terdapat galangan kapal dan juga kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien. Selain itu terdapat juga makam awak kapal Indonesia yang gugur dalam pemberontakan terhadap Belanda.

Di Pulau Onrust terdapat cerita sejarah mengenai karantina haji. Pulau tersebut dahulunya dijadikan sebagai tempat untuk karantina orang-orang Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji. Mereka harus disterilkan terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan Hindia Belanda. Selain itu dulunya pulau ini sempat dijadikan sebagai tempat perbaikan kapal dan penyimpanan rempah-rempah oleh Belanda. Bahkan Inggris pernah menyerang pulau ini untuk mengambil rempah-rempah dari tangan Belanda. Di Pulau Onrust ini juga terdapat makam yang menarik untuk dikunjungi karena kisah cinta tragisnya, yaitu makam Maria van de Velde. Selain makam milik Maria, banyak pula makam-makam awak kapal yang memberontak di pulau ini

Pulau terakhir dari rangkaian sejarah tiga pulau ini adalah Pulau Cipir atau juga dikenal dengan Pulau Kahyangan. Pulau Cipir ini dulunya terdapat sebuah rumah sakit yang ditujukan untuk para jemaah haji yang memiliki penyakit menular. Di pulau tersebut masih terdapat bangunan-bangunan bekas rumah sakit tersebut. Ketiga pulau tersebut hancur karena letusan Gunung Krakatau yang dahsyat. Sehingga bangunan-bangunan di pulau-pulau tersebut telah rusak.

Jadi, cerita sejarah yang ada di Jakarta tidak hanya ada di Kota Tua. Kamu juga bisa menikmati kisah sejarah Jakarta di Tiga Pulau ini. Tidak hanya cerita sejarahnya yang berbeda, namun juga pemandangannya yang berbeda. Karena mengenal sejarah di tiga pulau ini kamu bisa sekaligus berenang di pantai atau pun menikmati berbagai permainan olahraga air.

Yuk, tonton video di bawah ini untuk tahu keseruan berlibur di tiga pulau

https://www.youtube.com/watch?v=xPgqGk3gi5M

  • Tour Reguler Pulau Pari

    View more
  • Tour Spesial Natal 2019 - Pulau Harapan

    View more
  • Outing - Pulau Lombok

    View more
  • PULAU TIDUNG

    View more
  • Pulau Morotai

    View more
  • Bulan Madu - Pulau Bali (Hotel+Tour)

    View more
  • Tour Reguler 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir)

    View more
  • Tour Special Pulau Tidung

    View more
  • Pulau Harapan

    View more
  • Outing - Pulau Umang Resort

    View more
Top