128 x 0 x
5 HAL YANG PERLU KALIAN PERHATIKAN SAAT BERLIBUR KE PULAU PAHAWANG –  Lampung merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia tepatnya berada di Pulau Sumatera yang sudah mulai berkembang. Destinasi wisata yang ada di Kota Lampung mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Bisa dibilang Kota Lampung merupakan kota yang masih asli dan belum terlalu banyak pembangunan. Masyarakat nya terdiri dari berbagai macam suku yang bercampur dan hidup rukun menjadi satu seperti suku Lampung, Jawa, Sunda, Bali, dan lainnya. Tidak hanya kebudayaannya yang beragam, Kota Lampung juga mempunyai destinasi wisata yang tidak kalah dengan kota – kota lainnya. Salah satu destinasi Kota Lampung yang tidak banyak orang ketahui adalah Pulau Pahawang yang mempunyai pantai yang sangat mempesona. Tidak hanya pasir pantainya yang indah namun keindahan bawah lautnya juga sangat cantik dan disukai wisatawan. Namun sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Berikut 5 Hal Yang Perlu kalian Perhatikan saat Berkunjung Ke Pulau Pahawang
 
1. Akses Menuju Pulau Pahawang
 
Untuk menuju Pulau Pahawang kita harus melalui jalur air. Begitupun untuk wisatawan yang berasal dari luar Lampung. Untuk yang berasal dari Pulau Jawa atau selain dari Lampung harus menuju ke Bandar Lampung terlebih dahulu melalui jalur udara. Setelah itu dari Bandar Lampung kita melanjutkan perjalanan ke kecamatan Punduh kabupaten Pesawaran. Barulah dari situ menuju Dermaga Ketapang menyeberang ke Pulau Pahawang. Dari dermaga tersebut menuju Pulau Pahawang bisa sekitar 2 jam lamanya atau jarak tempuh 25 kilometer. Selama perjalanan jangan khawatir akan bosan karena kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah. Para wisatawan akan dibawa menggunakan kapal motor.
 
2. Daya Tarik Wisata
 
Ada banyak daya tarik wisata yang ada di Pulau Pahawang. Sebelum tiba di Pulau Pahawang Besar, biasanya tourguide akan memberikan kita waktu untuk snorkeling dengan spot pemandangan bawah laut yang terbaik. Snorkeling bisa dilakukan bukan hanya bagi yang handal berenang saja, nyatanya yang tidak dapat berenang pun akan dipandu untuk bisa snorkeling dan menikmati pemandangan bawah laut dengan aman. Karena menggunakan pelampung, para tour guide hanya memberikan beberapa panduannya saja dan dipastikan keamanannya. Dari bawah laut kita akan mendapati pemandangan terumbu karang, kehidupan laut yang beragam dan ikan-ikan kecil. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan laut saat kita snorkeling atau saat kita melihat sampah di bawah laut, kita bisa membantu menjaga alam dengan mengambill sampah tersebut dan membuangnya saat tiba di Pulau Pahawang. Selain snorkeling kita juga dapat berjalan-jalan di sekitar pulau dengan menikmati pemandangan dengan suasana yang alami. Di Pulau ini juga memiliki hutan mangrove, kita dapat melihat-lihat flora fauna yang ada di sekitar sana.
 
3. Perbedaan Pulau  Pahawang Besar dan Kecil
 
Pulau Pahawang Besar memiliki sejumlah penduduk, penginapan dan fasilitas wisata pendukung lainnya. Luasnya sekitar 1000 hektar dengan jumlah kepala keluarga tidak lebih dari 1000. Fasilitas umum yang tersedia disana seperti puskesmas, sekolah dan lain sebagainya. Di Pulau Pahawang Besar ini, pengunjung dapat menginap. Berbeda dengan Pulau Pahawang Besar, di Pulau Pahawang Kecil tidak bisa semua pengunjung masuk ke dalam. Menurut penduduk sekitar, Pulau Pahawang Kecil merupakan sebuah pulau yang memiliki kepemilikan atau dikelola pribadi. Di Pulau Pahawang Kecil terdapat sebuah cottage namun karena bersifat pribadi jadi tidak bisa digunakan oleh pengunjung. Meski dihuni oleh penduduk setempat, kondisi Pulau Pahawang tidak padat penduduk. Masyarakatnya pun sangat ramah kepada para wisatawan. Juga banyak rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay untuk para pengunjung yang datang.
 
4, Tempat Wisata Sekitar Pulau Pahawang
 
Tidak cukup sehari berwisata di Pulau Pahawang, kita dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang sekaligus berdekatan dengan pulau ini. Diantaranya terdapat Pulau Kelagian Besar yang secara umum tidak berpenghuni dan biasa digunakan untuk pelatihan TNI AL. Meskipun demikian tidak ada larangan untuk berkunjung ke pulau ini. Pulau ini juga salah satu spot terbaik untuk snorkeling. Kita bisa membawa sendiri peralatannya atau menyewa di sana. Jarak dari Pulau Pahawang ke Pulau Kelagian sekitar 45 menit. Pulau Kelagian Kecil adalah spot snorkeling pertama yang biasa dikunjungi. Lokasinya ini bisa menjadi satu rute saat menuju ke Pulau Pahawang. Memiliki luas sekitar 1 hektar, sudah mendapatkan pengakuan dari pengunjung bahwa kelagian kecil ini lebih bagus dari kelagian besar. Suasana khas pantai juga lebih terasa. Pernahkah kalian menonton film Finding Nemo? Pasti pernah, di Pulau Pahawang Besar kita akan menemukan Taman Nemo. Seperti halnya spot snorkeling Pulau Pahawang lainnya, Wisata Taman Nemo juga sengaja dibuat. Banyak beton yang ditenggelamkan dan terumbu karang yang dibudidayakan. Sekitar 6 bulan sekali, para petani nemo mencari bibit-bibit ikan badut di perairan pulau-pulau kecil untuk kemudian ditangkar ditempat ini.
 
5. Hewan Laut Yang Harus Dihindari
 
Di Pulau Pahawang memang masih sangat asri. Segala hewan laut juga masih menempati pulau tersebut. Apalagi dengan banyaknya spot snorkeling pasti kita akan bertemu dengan beberapa hewan laut. Di beberapa lokasi snorkeling seperti Pulau Pahawang Besar, Pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil kita mungkin bertemu dengan papan yang bertuliskan “I Love Pahawang” yang sengaja berada di bawah laut itu digunakan untuk menciptakan sebuah habitat baru. Hewan yang harus kita hindari termasuk bulu babi, pari, bayi ubur-ubur atau ubur-ubur, ikan batu dan ular laut. Satu lagi yang bentuknya seperti bintang laut dengan bulu di atasnya yaitu bulu seribu. Pastikan saudara Kili Kili menghindari hewan – hewan laut tersebut ya!
 
Itulah 5 Hal Yang Perlu kalian Perhatikan saat Berkunjung Ke Pulau Pahawang. Ketika kalian menjelajahi Indonesia pastikan kalian berkunjung ke Kota lampung. Destinasi wisata yang ada di lampung juga tak kalah indah dengan tempat wisata yang ada di daerah lain. Kalau kalian sudah siap untuk traveling lagi, Kili Kili Adventure punya banyak pilihan destinasi yang pastinya aman lho. Seperti Trip ke pulau Seribu, Trip 3 Pulau dan masih banyak lagi pilihannya. Kita ada kabar gembira untuk Saudara Kili Kili lho, sekarang kalian bisa langsung mengalami sendiri keindahan Pulau Pahawang karena Kili Kili Adventure membuka paket Tour Pulau Pahawang. Kalian bisa klik disini untuk informasi lengkap mengenai Paket Tour Lainnya. Jangan lupa untuk hubungi Kili Kili Adventure kalau kalian sudah siap traveling ya, Stay safe and Happy Traveling!
  • MONO SEOUL + HAN RIVER 5D

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • Outing - Pulau Belitung

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • PULAU TIDUNG

    View more
  • Tour Spesial ODT 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir) 9

    View more
  • Tour Spesial Natal 2019 - Pulau Pari

    View more
  • PULAU SUMBA

    View more
  • PULAU PARI

    View more
  • PULAU PRAMUKA

    View more
Top