133 x 0 x
5 HAL YANG KAMU PERLU KETAHUI SAAT TRIP KE BANDUNG DI MASA NEW NORMAL– Pandemi Covid – 19 membawa dampak yang cukup signifikan bagi kita semua, terutama bagi tempat wisata. Setelah hampir 4 bulan lebih banyak destinasi wisata di bandung yang tutup sementara, sekarang kalian sudah bisa berkunjung dan menikmati kembali indahnya Kota Bandung karena sejak 2 Juli 2020 Pemda Jawa Barat telah memperbolehkan warga di luar Jawa Barat untuk datang dan berlibur. Ini jadi kabar baik bagi dunia pariwisata. Namun, bagi para penggemar wisata di Bandung harus bersabar dulu karena pembukaan tempat-tempat wisata pun akan dilakukan bertahap. Beberapa bagian wisata diantaranya memang perlahan-lahan dilonggarkan, diantaranya beberapa titik akses jalan di pusat Kota Bandung dibuka kembali; tempat makan/restoran dan perhotelan dibuka dengan syarat dan ketentuan tertentu; juga rencana beberapa tempat wisata di kawasan Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat akan dibuka menunggu arahan Gubernur Jawa Barat. Kali ini kita akan memberikan tips merencanakan trip ke Bandung bagi saudara Kili Kili, Apa saja? Berikut Penjelasannya: 
 
1. Tidak sebebas Sebelumnya
 
Tentunya tips yang pertama adalah Jangan sembarang dalam memilih destinasi wisata, sebab walau sudah dibuka kembali tentu tidaklah sama seperti sebelum terjadi pandemi, kalian tetap harus sadar akan situasi dan kondisi selama berkunjung ke destinasi pilihan kalian. Kalau ingin aman kalian bisa memilih destinasi wisata yang berada di zona hijau. Hal ini bisa dilihat dengan adanya Perwal no. 32 Tahun 2020 yang beberapa diantaranya mengenai tempat wisata belum dibuka, namun ada kelonggaran untuk restoran dan perhotelan. Hal tersebut dengan adanya aturan jumlah pengunjung, lama kunjungan (makan di tempat), dan protokol kesehatan lainnya yang harus dipatuhi. Sistem pemesanan tiket transportasi, pemesanan makanan, atau pembayaran pun disarankan lewat aplikasi online.
 
2. Selalu utamakan protokol kesehatan
 
Ini yang paling penting, pengunjung harus memperhatikan protokol kesehatan. Nantinya, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pengelola maupun pengunjung tempat wisata. Untuk faktor kebersihan meliputi pembersihan ruang dan barang publik dengan desinfektan, ketersediaan sarana cuci tangan dengan sabun, tempat sampah bersih, dan lainnya. Sementara untuk faktor kesehatan diantaranya adanya koordinasi antara destinasi wisata dengan Satgas COVID-19 daerah dan rumah sakit, pemeriksaan suhu tubuh, gerakan memakai masker, menerapkan etika batuk dan bersin termasuk menghindari berjabatan tangan, serta penanganan bagi pengunjung dengan gangguan kesehatan ketika beraktivitas di lokasi. Adapun faktor dalam keselamatan di antaranya pengelolaan pengunjung, pengaturan jumlah kerumunan, pengaturan jarak antar individu, penanganan pengamanan, media dan mekanisme komunikasi penanganan kondisi darurat, dan lainnya. 
 
3. Melakukan research sebelum berkunjung
 
Seperti yang sudah dibahas dalam 5 Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Saat Traveling Di masa New Normal, terdapat beberapa destinasi wisata yang masih ditutup karena Pemda Jawa Barat memutuskan untuk membuka kembali destinasi wisata di Kota Bandung secara bertahap guna mengevaluasi apakah standar prosedur yang telah diterapkan tergolong efektif. Untuk itu penting bagi kalian untuk melakukan research sebelum merencanakan traveling ke Bandung selama New Normal karena bisa saja destinasi yang kalian ingin kunjungi belum dibuka atau memiliki syarat – syarat tertentu yang harus dipenuhi ketika berkunjung. Jangan sampai kalian salah dalam menerima informasi ya saudara Kili Kili! 
 
4. Pemilihan Transportasi Umum
 
Normalnya jika kalian mengunjungi tempat wisata, kita akan merekomendasikan untuk mencoba transportasi umum, namun melihat kondisi saat ini dimana Kota Bandung menerapkan Protokol AKB yaitu versi New Normal warga Bandung dengan sangat ketat akan lebih baik jika saudara Kili Kili menggunakan kendaraan Pribadi guna meminimalisir terjadinya interaksi dengan orang banyak. Walaupun begitu jika kalian ingin menggunakan transportasi umum di Kota Bandung yang telah menerapkan tata cara menggunakan transportasi umum saat AKB inilah yang harus kalian ketahui yaitu Menggunakan masker selalu, penumpang tidak boleh lebih dari 50% dari kapasitas, penumpang yang memiliki gejala flu dan suhu badan diatas 37 Derajat Celcius tidak diperkenankan masuk, penumpang wajib melewati lorong disinfektan di pintu utama setiap pintu masuk, dan semua pemesanan tiket dilakukan secara non tunai.
 
5. Pencegahan ekstra lebih baik
 
Pada saat ini kita semua telah terbiasa dengan protokol New Normal namun apakah kalian tau bahwa Kota bandung melakukan pencegahan dengan maksimal? Kita telah membahas tentang pengurangan kuota wisatawan, disinfektan di semua pintu masuk destinasi wisata dan transportasi umum. Tetapi jika kalian melakukan traveling ke bandung saat new normal kalian harus ketahui bahwa setiap objek wisata di bandung telah disediakan Layanan darurat bagi mereka yang memiliki gejala sesak nafas dan demam berupa tabung oksigen, pelayanan kesehatan, dan pastinya P3K. jadi jika kalian berkunjung ke suatu destinasi wisata dan melihat seseorang mengalami gejala virus Covid – 19, kalian dapat menghubungi petugas Layanan Kesehatan yang stand by dan sigap menangani hal tersebut. Mereka juga telah berkoordinasi dengan TNI/Polri setempat dan Rumah Sakit terdekat guna mempercepat penanganannya. Apakah setelah kalian mengetahui ini, kalian minat untuk mengunjungi Kota yang penuh pesona ini? 
 
Itulah 5 Hal Yang Kamu Perlu Ketahui Saat Trip Ke Bandung Saat New Normal yang telah kita susun agar kalian dapat merencanakan trip dengan matang dan pastinya aman. Tapi kami tetap menyarankan bagi kalian yang ingin melakukan traveling dim masa New Normal harap melakukan research dan pastikan dalam kondisi yang sehat ya! Nah kalau kalian sudah siap untuk traveling lagi Kili Kili Adventure punya banyak pilihan destinasi yang pastinya aman lho. Seperti Trip ke pulau Seribu, Trip 3 Pulau, Trip Dieng Plateau, dan masih banyak lagi pilihannya. Jangan lupa untuk hubungi Kili Kili Adventure kalau kalian sudah siap traveling ya, Stay safe and Happy Traveling!
  • SAILING KOMODO ODT - NEW NORMAL

    View more
  • WISATA EDUKASI – BANDUNG

    View more
  • SAILING KOMODO 3H2M - NEW NORMAL

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • 3 PULAU (KELOR, ONRUST, CIPIR) - NEW NORMAL

    View more
  • LEMBANG BANDUNG

    View more
  • Tour Gabungan Pulau Kei Part 5

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • Tour Gabungan Labengki Sombori Backpacker Part 5

    View more
Top