239 x 0 x
5 CARA BIJAK TRAVELER UNTUK MENJAGA EKOSISTEM LAUT – Laut yang indah dan bersih tentu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung, namun tidak jarang banyak wisatawan yang belum memahami cara menjaga Kehidupan Laut agar tetap bersih dan terjaga kelestariannya. Apalagi dengan dibukanya berbagai tempat wisata yang mendorong wisatawan untuk melakukan traveling di masa new normal. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang 5 Hal yang wajib kamu perhatikan saat traveling di era new normal dan kita juga sudah membahas 3 Destinasi yang siap dibuka di era new normal, kali ini kita akan membahas tentang 5 cara kalian tetap ikut andil dalam menjaga ekosistem laut walau suasana berlibur saat ini telah berubah ke Era New Normal. Jadi kalian bisa traveling/liburan tanpa merusak ekosistem laut dan lingkungan sekitar serta mengedukasi orang lain tentang pentingnya menjaga ekosistem laut dan lingkungan sekitar pantai/pulau.
 
 1.  Periksa Label Pada Makanan Laut
 
Ancaman terbesar yang laut kita hadapai saat ini adalah dengan penangkapan ikan dalam jumlah besar tanpa penerapan praktik penangkapan ikan tidak berkelanjutan karena tingginya permintaan. Kalian dapat membantu menjaga stok ikan kita dengan memeriksa label pada makanan laut yang kalian beli. Cara mudah memeriksa label pada makanan laut adalah dengan melihat logo Marine Stewardship Council (MSC) dan Aquaculture Stewardship Council (ASC) pada produk makanan tersebut, logo ikan biru dan hijau pada makanan laut Anda memastikan ikan Anda dapat dilacak kembali ke perikanan dan peternakan yang dikelola secara berkelanjutan.
 

2. Bijak Dalam Mengurangi Emisi Karbon 

Saat ini samudera telah menyerap 90% dari panas yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar fosil karena pembakaran bahan bakar fosil itu dibuang ke laut yang dapat mempengaruhi tempat ikan berenang, memutihkan terumbu karang, mengubah cara spesies laut bereproduksi, mempercepat kenaikan permukaan laut, dan bahkan mengubah peristiwa cuaca di darat. Kalian dapat membantu mengurangi perubahan iklim laut dengan memotong jejak karbon saat berwisata, seperti matikan pendingin udara dan lampu kamar penginaapan pulau saat keluar dari kamar. Cabut pula peralatan elektronik saat tidak digunakan. 
 

3. Hindari Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Dengan 8 juta ton plastik dibuang ke lautan setiap tahun, mungkin ada satu pon plastik untuk setiap tiga pon ikan di lautan dalam 10 Tahun berikutnya. Untuk tetap menjaga lingkungan dan ekosistem laut gunakanlah reusable bag untuk membawa kebutuhan sehari – hari dan berhenti menggunakan plastik. Dengan begitu kalian menjaga lingkungan sekitar dan membantu mengurangi sampah plastik yang kian hari kian menggunung. 
 
4. Menyeleksi Agen Perjalanan Anda
 
Mempertimbangkan pemesanan perjalanan Anda berikutnya melalui perusahaan perjalanan yang bertanggung jawab yang berkomitmen untuk melindungi satwa liar, memberdayakan komunitas lokal, dan menggunakan panduan yang mengetahui aturan dan praktik terbaik. Dan jika kalian mempertimbangkan untuk membeli souvenir pastikan tidak merusak ekosistem laut seperti perhiasan karang, produk hiu, atau aksesori kulit penyu yang terbuat dari penyu sisik yang hampir punah, merusak ekosistem yang rapuh dan mengancam spesies yang terancam punah.
 
5. Meningkatkan Pengetahuan Anda Tentang Kelautan Indonesia
 
Semakin banyak kalian mengedukasi diri kalian mengenai ekosistem laut, maka kalian dapat membantu mengedukasi orang lain tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem laut agar mereka melakukan hal yang sama. Kalian dapat menemukan berbagai cara untuk mengedukasi diri kalian tentang menjaga kelestarian laut kita, bisa dari buku dan dokumenter ke situs web, museum, pameran seni, dan banyak lagi. 
 
Jadi setelah kalian paham 5 Cara Traveler Dalam Menjaga Ekosistem Laut tetapi tetap menikmati waktu berlibur kalian, apakah kalian akan merubah kebiasaan kalian saat berlibur? Hal lain yang harus kalian ingat adalah saat ini kita memasuki masa New Normal yang mana kesehatan kalian yang paling utama dan tetap menjaga lingkungan kalian bersih sudah menjadi keharusan. Stay safe and Happy Traveling! Jangan lupa hubungi Kili Kili Adventure ya kalo udah siap traveling. See You Next Trip.
 
  • SAILING KOMODO ODT - NEW NORMAL

    View more
  • PULAU HARAPAN - NEW NORMAL

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • SAILING KOMODO 2H1M - NEW NORMAL

    View more
  • UJUNG KULON - NEW NORMAL

    View more
  • MONO SEOUL + HAN RIVER 5D

    View more
  • Tour Gabungan Labengki Sombori Backpacker Part 5

    View more
  • Tour Gabungan Pulau Kei Part 5

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
  • CRAZY PRICE KOREA 5D

    View more
Top