• 087777660511
  • 085770984497
  • 085211137749
131 x 7 x
13 Fakta tentang Pulau Pramuka, Tour Pulau Seribu - Pulau Pramuka merupakan salah satu Pulau indah yang berada di gugusan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kawasan Pulau Pramuka terbilang kaya dengan terumbu karang yang tersebar berwarna-warni dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebasnya. Selain terumbu karang, Pulau Pramuka juga memiliki Pantai pasir putih dan laut biru kehijauan yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke sini. Sebelum Anda ingin Berlibur di Pulau Pramuka ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui (Awas Spoiler!). Berikut ini adalah 13 Fakta tentang Pulau Pramuka, Tour Pulau Seribu :
 
13 Fakta Pulau Pramuka, Tour Pulau Seribu1. Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.
 
2. Pulau Pramuka pada masa orde lama bernama Pulau Lang atau Elang. Nama tersebut diberikan karena saat itu di pulau ini terdapat banyak burung elang bondol yang kini telah menjadi lambang DKI Jakarta.
 
3. Asal usul nama Pulau Pramuka karena dulu pulau ini sering dijadikan lokasi kegiatan kepramukaan. Hal itu terjadi sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur.
 
4. Lokasi Pulau Pramuka sendiri cukup strategis, karena berada di bagian tengah gugusan Kepulauan Seribu. Pulau dengan luas ± 9 hektar ini, dihuni oleh sekitar 1000 jiwa, yang sebaian besar merupakan etnis Banten, Betawi, Bugis dan Madura.
 
5. Lama Perjalanan Ke Pulau Pramuka menggunakan Kapal Motor Tradisional/ Kapal Ferry dari Dermaga Kaliadem, Muara Angke sekitar 2-3jam, sedangkan jika menggunakan Kapal Cepat (Speedboat) dari Dermaga Marina, Ancol kurang lebih sekitar 1-1,5jam perjalanan laut.
 
6. Pulau Pramuka memiliki fasilitas terbilang lengkap dibanding pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, seperti Penginapan Homestay maupun Penginapan Resort, Rumah Sakit, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Rumah Makan, Masjid, Sekolah SD-SMA, Lapangan Olahraga, dan lainnya. 
 
7. Walaupun tersedia fasilitas lengkap di Pulau Pramuka, tetapi pulau ini masih tetap terjaga kelestariannya dengan jernihnya air laut serta pantai-pantai yang indah. Saat Anda berkunjung ke Pulau Pramuka, Anda akan disuguhkan pemandangan panorama laut yang mempesona.
 
8. Banyak hal yang dapat Anda lakukan saat berada di Pulau Pramuka mulai dari snorkelingdiving, memancing, canoe, bermain wahana air (banana boat) atau sekedar duduk santai sembari memandang Matahari terbenam di dermaganya bersama sahabat, keluarga serta kekasih tercinta Anda.
 
9. Tersedia beberapa titik menyelam dan snorkling di sekitaran Pulau Pramuka. Salah satu yang menariknya adalah spot APL yang menyediakan beragam jenis ikan hias, coral dan terumbu karang. Anda juga bisa menikmati snorkling di Pulau Semak Daun dan Pulau Air yang jaraknya tak jauh dari Pulau Pramuka.

10. Bagi Anda yang hobi memancing, dermaga di bagian depan Pulau Pramuka dapat Anda gunakan untuk memuaskan hobi Anda tersebut. Anda juga bisa menyewa kapal nelayan untuk menuju spot-spot maancing yang menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan besar.
 
11. Banyak Pulau Cantik di sekitar Pulau Pramuka, seperti Pulau Air, Pulau Karya, Pulau Semak Daun, Pulau Panggang dan pulau-pulau lainnya.
 
12. Di Pulau Pramuka juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami. Tidak jauh dari penangkaran penyu, terdapat pula Hutan Bakau/ Mangrove yang dijadikan sebagai tempat pertahanan laut, dimana tempat tersebut dapat pula Anda jadikan sebagai spot foto -foto menarik.
 
13. Banyak terdapat budidaya ikan di Pulau Pramuka seperti Ikan Bandeng, Bawal, Kerapu dan lain-lain. Disamping itu, tidak jauh dari Pulau Pramuka juga terdapat penangkaran Hiu, lokasi tepatnya ada di Nusa Keramba.
 
Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami berikan, semoga artikel 13 Fakta tentang Pulau Pramuka, Tour Pulau Seribu ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan Tour Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta bersama pasangan, keluarga maupun sahabat tercinta Anda. Selamat berlibur ! Klik Info Jadwal Reguler Tour Pulau Pramuka, Pulau Seribu, setiap Akhir Pekan Pasti Jalan.
  • Kepulauan Kei

    View more
  • Pulau Alor

    View more
  • Pulau Sumbawa

    View more
  • 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir)

    View more
  • PULAU TIDUNG

    View more
Top