• 087777660511
  • 085211137749
  • 085893532729
139 x 15 x
12 Fakta Sejarah Kota Semarang yang Perlu Anda Tahu - Semarang merupakan salah satu bersejarah yang terkenal di Indonesia. Selain itu Semarang juga merupakan salah satu destinasi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur. Memiliki suasana yang asri khas daerah jawa membuat Semarang selalu meninggalkan kesan yang mendalam bagi siapapun yang mengunjunginya. Tak kalah dengan Jogjakarta, Semarang juga memiliki berbagai hal menarik untuk dicoba mulai dari kuliner, wisata alam, hingga wisata romantis semua tersedia di Semarang.
 
Semarang merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi ibukota provinsi. Perkembangan dan kepadatan penduduk membuat Semarang menjadi kota metropolis terbesar ke-5 di Indonesia. Beberapa wilayah yang ada di Semarang pun tak kalah padat dengan yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Namun jangan khawatir, semua itu akan tergantikan dengan berbagai macam kuliner sedap yang dimiliki Kota Semarang. Sebelum Anda menjelajah kota ini, simak 12 Fakta Sejarah Kota Semarang yang Perlu Anda Tahu berikut ini :
 
1. Semarang merupakan ibukota provinsi di Jawa Tengah yang saat ini sudah berumur 471 tahun, kota ini lahir pada tanggal 2 Mei 1547. Total penduduk Kota Semarang saat ini mencapai 1.570.097 jiwa dengan luas wilayah 373.67 km2.
 
2. Kota Semarang menjadi kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Beberapa wilayah di Semarang pun menjadi wilayah terpadat keempat setelah Jakarta, Surabaya, dan Bandung.
 
3. Kota Semarang terletak sekitar 558 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 621 km sebalah barat daya Banjarmasin dan berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.
 
4. Wilayah Kota Semarang terbagi menjadi 2 yaitu Semarang atas dan Semarang Bawah. Dimana wilayah Semarang Bawah merupakan dataran rendah yang sering terkena banjir akibat luapan air laut dan Semarang Atas merupakan dataran tinggi sebelah selatan.
 
5. Kota Semarang memiliki penduduk dengan mayoritas suku Jawa, namun terdapat pula suku Sunda, Tionghoa, Pakistan, Arab, dan lain sebagainya yang tidak terlalu banyak. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduknya yakni Islam.
 
6. Kota Semarang memiliki beberapa julukan salah satunya yaitu Venetië van Java. Alasan dijuluki nama ini karena Semarang dilalui banyak sungai di tengah kota seperti di Venesia (Italia), sehingga Belanda menyebut Semarang sebagai Venetië van Java.
 
7. Semboyan yang dimiliki oleh Kota Semarang yakni “Semarang Kota ATLAS” yang artinya adalah Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat. Dengan semboyan ini diharapkan Kota Semarang dapat memilihara keindahan kotanya dengan baik.
 
8. Salah satu kuliner khas kota semarang yaitu Lumpia. Makanan khas Semarang ini terbuat dari akulturasi 2 budaya yaitu budaya Jawa dan China. Lumpia sendiri diambil dari Bahasa cina Hokkien yaitu lun pia. Lumpia juga menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Semarang.
 
9. Slogan Pariwisata Semarang yaitu The Port of Java (Pelabuhannya Jawa), dimana sebagai upaya pencitraan Kota Semarang sebagai pusat Pelabuhan Jawa yang menjadi persinggahan setiap orang yang ingin pergi ke dari Jakarta atau Jawa Tengah ke Surabaya atau Jawa Timur dan sebaliknya.
 
10. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Semarang dan bisa jadi menjadi ikon wisata Kota Semarang yakni Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan bangunan kuno megah dan berlantai dua. Masyarakat menyebut Lawang Sewu karena terdapat banyak pintu dan jendela di bangunan ini.
 
11. Selain itu Semarang juga memiliki museum berharga di Indonesia yaitu Museum Rekor Muri Indonesia. Museum ini mencatat dan menghimpun data dan menganugerahkan penghargaan terhadap prestasi superlatif karsa dan karya bangsa Indonesia.
 
12. Terdapat berbagi destinasi wisata yang bisa dikunjungi seperti Goa Kreo, Waduk Jatibaring, Candu Gedung Songo, Umbul Sidomukti, dan masih banyak lagi. Selain itu dapat menikmati sunset yang eksotis dari Brown Canyon Semarang.
 
12 Fakta Sejarah Kota Semarang yang Perlu Anda Tahu diatas merupakan sebagian kecil dari banyaknya info penting dari Semarang. Berstatus sebagai Ibukota Provinsi membuat Semarang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berbagai destinasi mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata bersejara, dan wisata kuliner semua tersedia di Kota Semarang ini. Klik Info Private Tour Semarang Reguler untuk informasi mengenai liburan ke Semarang.
  • Tour Gabungan Banda Neira

    View more
  • Banda Neira

    View more
  • Tour Special ODT 3 Pulau (Kelor, Onrust, Cipir) 12

    View more
  • Menjangan - Ijen - Baluran #12

    View more
  • Semarang Reguler

    View more
  • Tour Gabungan Banda Neira Part 2

    View more
Top