• 087777660511
  • 085211137749
  • 085893532729
86 x 1 x
12 Fakta Menarik tentang Bandung, Jawa Barat - Siapa yang tidak mengenal Kota Bandung? Salah satu kota modern dengan berbagai destinasi wisata menarik yang membuat pengunjungnya rindu akan kota ini. Bandung merupakan salah satu kota metropolitan terbesar yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Tak jarang jika setiap tahunnya pengunjung atau wisatawan datang dari berbagai kota diluar Bandung selalu bertambah. Berikut 12 Fakta Menarik tentang Kota Bandung, Jawa Barat sebelum berlibur ke kota ini :
 
1. Bandung berasal dari kata “bending” atau “bendungan” karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahuyang lalu membentuk telaga. Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung juga berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yang merupakan kalimat sakral dan luhur karena mengandung nilai ajaran Sunda.
 
2. Secara geografis Kota Bandung terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa. Kota ini berada pada ketinggian ±768 m di atas permukaan laut yang memiliki iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C.
 
3. Kota Bandung memiliki luas 167,7 Km2 yang terdiri dari 30 Kecamatan dan 153 Kelurahan dan dihuni oleh penduduk sebanyak 2.390.120 jiwa di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda, sedangkan etnis Jawa merupakan penduduk minoritas terbesar di kota ini dibandingkan etnis lainnya.
 
4. Kota Bandung merupakan kota pertama di Indonesia yang mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Teknik yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng - TH Bandung atau sekarang dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung - ITB. Dan hingga saat ini tercatat sebanyak 130 Perguruan Tinggi yang ada di Bandung.
 
5. Kota Bandung pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955 yaitu suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.
 
6. Selain berbagai sejarah penting yang telah disebutkan diatas, Sejarah penting lainnya yang terdapat di Bandung yaitu pada tahun 1990 Kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time karena kota ini saat itu sangat bagus, tertata rapi, serta kaya akan budaya.
 
7. Terdapat banyak julukan untuk Kota Bandung seperti Bandung sebagai Kota Kembang, karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya.
 
8. Salah satu yang menjadi ikon dari Kota Bandung yaitu Gedung Sate. Gedung ini merupakan bangunan bersejarah dengan ciri khas berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya. Gedung bersejarah yang memiliki warna putih ini masih berdiri kokoh sampai saat ini dan berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan.
 
9. Bandung memiliki Festival Film Bandung yang merupakan ajang bergengsi dan terus bertahan hingga sekarang meskipun dulu dilarang saat Orde Baru. Festival Film Bandung (FFB) adalah bentuk apresiasi perfilman oleh komunitas Forum Film Bandung. FFB pertama kali diadakan pada tahun 1987 dan tetap rutin diadakan hingga saat ini.
 
10. Bandung juga memiliki klub sepakbola yang bernama Persib dengan pendukung fanatik dari masyarakat Jawa Barat. Persib merupakan salah tau klub besar yang ada di Indonesia dan sudah berdiri sejak 1933 yang merupakan kebanggaan masyarakat Bandung.
 
11. Bandung menjadi salah satu destinasi wisata keluarga favorit saat liburan tiba. Banyak destinasi wisata menarik yang ada di Kota Bandung ini seperti Farmhouse, Cikole, Dusun Bambu, Floating Market, Tebing Keraton, Dago Dream Park, Puncak Maribaya, Lembah Dewata, Orchid Forest, dan masing banyak destinasi meranik lainnya.
 
12. Salah satu destinasi populer yang tak boleh terlewatkan saat berlibur ke Kota Bandung yaitu Kawah Putih Ciwidey. Kawah ini terletak di kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat dan merupakan hasil dari letusan Gunung Patuha. Nama Kawah Putih merujuk pada tanah yang notabene berwarna putih yang disebabkan oleh beberapa unsur yang bercampur dengan belerang.
 
12 Fakta Menarik tentang Kota Bandung, Jawa Barat merupakan rangkuman dari banyaknya fakta menarik yang ada di Kota Bandung. Bandung yang telah mengusung smartcity ini menjadi kota modern yang dengan berbagai fasilitas yang canggih di pusat kotanya. Berbagai destinasi menarik pun banyak ditawarkan di Kota Bandung ini sehingga membuat wisatawan memiliki kesan tersendiri terhadap kota ini. Klik Private Trip Lembang Bandung dan Bandung Selatan untuk Tour Kota Bandung.
  • Lembang Bandung

    View more
  • Outing - Bandung Selatan

    View more
  • Tour Spesial ODT Bandung Part 8 (Maribaya & Eurad)

    View more
  • Bandung Selatan

    View more
  • Sumatra Barat

    View more
  • Outing - Sumatra Barat

    View more
  • ODT BANDUNG

    View more
  • Bulan Madu - Lembang Bandung

    View more
  • Outing - Lembang Bandung

    View more
  • Outing - Rafting Jawa Barat

    View more
Top