• 087777660511
  • 085211137749
  • 085893532729
156 x 12 x
11 Info Seputar Wisata Yogyakarta, Jawa Tengah - Siapa yang tak kenal Kota Yogyakarta atau yang juga akrab disapa Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang kaya akan sejarah dan kebudayaan di dalamnya. Yogyakarta juga menjadi destinasi wisata favorit saat hari liburan tiba. Banyak wisatawan lokal maupun manca Negara yang berkunjung ke Yogyakarta setiap tahunnya untuk melihat sejarah dari Kota Yogyakarta atau menikmati berbagai destinasi wisata yang ada di Yogyakarta ini.
 
Daerah istimewa Yogyakarta atau sebagaian orang menyebutnya dengan yogya, jogja, Yogyakarta, atau Jogjakarta merupakan sebuah Provinsi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia dan memiliki luas daerah sekitar 3.185 km2. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki berbagai macam tradisi dari jaman nenek moyang yang masih dilestarikan dan diterapkan hingga sekarang. Berikut 11 Info Seputar Wisata Yogyakarta, Jawa Tengah yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung ke daerah ini :
 
1. Yogyakarta atau yang biasa disebut Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan merupakan peleburan antara Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alam.
 
2. Disebut Daerah istimewa karena Yogyakarta memiliki sejarah yang kuat seperti sistem kerajaan yang masih terjaga hingga saat ini dan peraturan kerajaan masih diterapkan yang juga tetap mengacu pada hukum yang berlaku di Indonesia.
 
3. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di Jawa Tengah yang memiliki luas 3.185km2 terdiri atas satu kotamadya, empat kabupaten, 78 kecamatan, dan 438 desa/kelurahan dan memiliki populasi sekitar 3.452.390 jiwa.
 
4. Dalam sejarah nya, sebelum merdeka Yogyakarta memiliki sistem pemerintahannya sendiri. Namun setelah kemerdekaan sistem pemerintahan tersebut bergabung menjadi satu kesatuan yang dinyatakan sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
5. Keistimewaan DIY diatur dalam UU No. 13 tahun 2012 yang meliputi : tata cara pengisian jabatan, kedudukan, tugas, dan wewenang Gubernur, dan Wakil Gubernur, kelembagaan pemerintah daerah DIY, kebudayaan, pertahanan, dan tata ruang.
 
6. Selain dijuluki sebagai daerah yang istimewa, Yogyakarta juga mempunyai sebutan sebagai kota pelajar. Alasannya adalah karena kota ini memiliki perguruan tinggi yang paling di Indonesia, fasilitas dan kualitas yang dihasilkan pun sangat berkompeten, dan juga tingginya minat belajar dari kota ini.
 
7. Salah satu destinasi yang wajib disambangi saat berkunjung ke Yogyakarta adalah Malioboro. Dulunya Malioboro merupakan nama sebuah jalan, seiring dengan berjalannya waktu jalan ini menjadi sebuah tempat perbelanjaan yang lengkap mulai dari pernak-pernik hingga makanan. Malioboro juga menjadi ikon dari Kota Yogyakarta ini.
 
8. Selain Malioboro, salah satu ikon lain yang ada di Yogyakarta ini adalah Tugu Yogyakarta atau “Tugu Pal Putih”. Tugu ini berada di Jl. Mangku Bumi, tepat di sebelah utara Malioboro. Tugu Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 ini merupakan garisyang menghubungkan laut selatan, Keraton Yogyakarta, dan gunung merapi.
 
9. Yogyakarta memang sebuah kota yang kaya akan sejarah. Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi kebanggaan Kota Yogyakarta yaitu Candi Borobudur. Sebenarnya Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, namun karena jarak yang dekat jangan sampati lewatkan berkunjung ke Candi Borobudur saat wisata Yogyakarta.
 
10. Yogyakarta juga memiliki gunung yang masih aktif hingga saat ini yaitu Gunung Merapi.  Gunung ini memiliki ketinggian puncak 2.930 mdpl dan tercatat mengalami erupsi setiap lima tahun sekali. Walaupun masih berstatus gunung berapi aktif, Gunung Merapi tetap banyak dikunjungi oleh para pecinta alam.
 
11. Selain destinasi wisata yang telah disebutkan diatas, masih banyak destinasi wisata lain yang ada di Yogyakarta ini seperti Keraton, Candi Prambanan, Pantai Gunung Kidul, dan masih banyak lagi mengingat Yogyakarta adalah wilayah yang kaya akan destinasi wisata.
 
Demikian 11 Info Seputar Wisata Yogyakarta, Jawa Tengah yang harus Anda ketahui sebagai bahan referensi sebelum Anda berkunjung ke tempat ini. Bisa dibilang Yogyakarta merupakan surganya tempat wisata mulai dari yang alami hingga modern semua tersedia. Yogyakarta juga menjadi destinasi favorit untuk wisata keluarga karena masyarakatnya sangat ramah dengan wisatawan. Klik Private Trip Jogjakarta Reguler dan Jogjakarta Adventure untuk Informasi selengkapnya!
  • Pulau Untung Jawa

    View more
  • Jogjakarta Reguler

    View more
  • Jogjakarta Adventure

    View more
  • Tour Reguler Karimun Jawa 2H1M

    View more
  • Tour Reguler Karimun Jawa 4H3M

    View more
  • Outing - Rafting Jawa Barat

    View more
  • Bulan Madu - Yogyakarta (Abhayagiri)

    View more
  • Bulan Madu - Pulau Karimun Jawa

    View more
  • Bulan Madu - Yogyakarta (Hotel+Tour)

    View more
  • Outing - Yogyakarta

    View more
Top